Senin, 25 Juli 2016

Jenis-jenis Promosi Penjualan

Promosi penjualan bertujuan untuk menciptakan dan memelihara keunggulan dari pesaing (differential advantage) tentang apa yang ditawarkan. Untuk itu banyak perusahaan mengadakan promosi penjualan dengan menggunakan alat-alat promosi. 


Jenis-jenis Promosi Penjualan


Ada 4 jenis promosi penjualan menurut Peter dan Olson, yaitu:

1. Iklan

Iklan sebagai alat promosi untuk penyajian informasi nonpersonal mengenai produk, merek, perusahaan atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu. Iklan ditujukan untuk mempengaruhi afeksi dan kognisi konsumen. Iklan dapat disajikan melalui berbagai macam media (TV, radio, cetakan majalah, surat kabar, papan billboard, papan tanda, dan macam-macam media).

2. Promo Penjualan

Promo penjualan untuk merangsang secara langsung kepada konsumen agar mau melakukan pembelian. Jenis promo penjualan seperti penurunan harga temporer melalui kupon, rabat, penjualan multi kardus, kontes dan undian, perangko dagang, pameran dagang, dan ekshibisi.

3. Penjualan Personal

Penjualan personal (personal selling) melibatkan interaksi personal langsung antara seorang pembeli potensial dan seorang penjual. Salesman dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan produk dan atau proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, konsumen dapat lebih termotivasi untuk masuk dan memahami informasi yang disajikan salesman tentang suatu produk.

4. Publisitas

Publisitas (publicity) adalah bentuk-bentuk komunikasi tentang perusahaan, produk, atau merek si pemasar yang tidak membutuhkan pembayaran. Misalnya, penjabaran produk atau merek baru, perbandingan merek di jurnal dagang, surat kabar, majalah berita, diskusi di radio dan talk dhow di TV semuanya menyajikan berbagai informasi produk bagi para konsumen. Kadangkala publisitas dapat lebih efektif daripada iklan karena konsumen dapat dikatakan telah siap untuk menerima pesan yang disampaikan.

Sumber: Pengertian Promosi Penjualan


Jenis-jenis Promosi Penjualan - X Kanalku