Selasa, 10 Mei 2016

Akhirnya Blogspot Bisa Diakses Dengan HTTPS

Hari ini, setelah blogspot mengalami error 502, blogspot dapat diakses sepenuhnya menggunakan protokol Https:// Jika dahulu, pengunjung harus menambah https (atau menggunakan script otomatis) sekarang, dari menu setting dasar blogger.com: Jika Pengalihan HTTPS diaktifkan, pengunjung blog otomatis akan selalu menuju ke https://  sambungan terenkripsi. Namun, jika pengunjung tetap bisa menulis http:// dan tetap akan dilayani melalui HTTP, sambungan yang tidak terenkripsi. 

 Blogspot Bisa Diakses Dengan HTTPS

Blog ini, telah mengaktifkan https: maka begitu blog dibuka akan langsung menuju https://exkanalku.blogspot.co.id/. Akan tetapi di template editor masih muncul pesan "Mengedit template sehingga dapat mencampur HTTP dan HTTPS bisa memengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna blog Anda bila dilihat melalui HTTPS."

Hal ini wajar, karena pada umumnya penggunaan protokol https akan memerlukan input dari situs luar dengan https juga. Untuk itu, jika blog menggunakan situs pihak ketiga yang masih menggunakan http, maka tulisan dan lambang gembok https yang seharus berwarna hijau akan berubah warna normal dan tidak ada gambar gembok (kesalahan enkripsi). Mau tidak mau agar https aktif sepenuhnya di blogspot, harus melakukan perubahan di template.

Periksa kembali di template jika ada situs pihak lain yang menggunakan http:// ubah menjadi https://. Namun sebelumnya tes terlebih dahulu apakah situs tersebut berjalan normal jika menggunakan https. Jika tidak, blog bisa error.

Ada tiga manfaat utama menggunakan HTTPS dan bukannya HTTP untuk mengakses blog Anda:
  1. Membantu memeriksa bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  2. Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  3. Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung Anda, melacak aktivitas, atau mencuri informasi mereka.
Catatan: HTTPS saat ini tidak tersedia untuk blog yang menggunakan domain khusus (kustom domain).