Kamis, 10 Maret 2016

Pentingnya Hubungan Masyarakat (Humas)

Keberadaan hubungan masyarakat (humas) sangatlah diperlukan khususnya dalam mengkomunikasikan kebijakan perusahaan maupun instansi pemerintah yang ujungnya adalah upaya upaya untuk meningkatkan citra bagi suatu organisasi. Humas bukanlah hal baru yang ada di instansi pemerintah maupun swasta.

Pentingnya Hubungan Masyarakat Humas


Sayangnya kegiatan kehumasan di instansi pemerintah tidaklah se-efektif kegiatan humas di perusahaan-perusahaan swasta. Pada awal keberadaan humas di pemerintahan, bidang ini lebih banyak berperan dalam mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan suatu instansi, padahal fungsi dan peran humas di instansi pemerintah sangatlah penting. Hingga saat inipun masih banyak kegiatan kehumasan di depertemen yang belum berjalan secara optimal.

Pentingnya Hubungan Masyarakat (Humas)


Pelatihan kehumasan bagi seorang (pejabat) humas sangatlah penting artinya, karena saat ini tidak semua orang dapat menjalin komunikasi dengan baik, khususnya dengan media. Media sangatlah penting artinya bagi humas karena sebagai corong informasi langsung kepada masyarakat, informasi apa saja yang dapat kita berikan kepada media, inilah yang harus kita pelajari sebagai seorang humas.

Sebagai hubungan masyarakat, tentunya harus mampu melakukan hubungan baik terhadap internal maupun eksternal dalam menyampikan berbagai informasi yang ada. Sehingga fungsi humas adalah melakukan hubungan dengan masyarakat baik internal maupun eksternal. Keberadaan humas sebenarnya sejak dulu sudah ada, bahkan humas jika di instansi swasta selalu berada di bawah level atas karena berfungsi sebagai penjaga citra perusahaan.

Setiap orang sebenarnya berperan sebagai humas. Sebagai contoh, di instansi pemerintah setiap pegawai dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat akan peran dan fungsi dari instansi tersebut, namun demikian tidak semua orang juga dapat menjadi humas yang baik. Untuk itu dibutuhkan suatu pelatihan khusus untuk menciptakan SDM yang benar-benar mampu menjalankan fungsi kehumasan. Selain itu, harus ada yang mengepalai dari orang-orang yang berperan sebagai humas, sehingga ada jalur tersendiri untuk bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat sehingga informasi yang diberikan tidak menimbulkan miss comunication.

Menjadi seorang humas memang tidak semudah yang dibayangkan, walaupun setiap orang memiliki peran sebagai humas, namun dalam penyampaiannya belum tentu setiap orang dapat melakukannya, butuh keterampilan khusus untuk dapat menjadi seorang humas. Seperti, dapat berbicara dengan baik dihadapan banyak orang, dapat menguraikan informasi dengan sejelas mungkin kepada masyarakat, dapat meyakinkan masyarakat akan suatu informasi yang ia miliki, dan lain sebagainya.

Pelatihan ini tidak cukup hanya sekali saja, namun perlu berkesinambungan. Karena, semakin berkembangnya era komunkasi saat ini juga membutuhkan pengetahuan yang lebih dari seorang humas. Misalnya website, walaupun saat ini di berbagai instansi sudah ada website namun bagaimana caranya agar website tersebut dapat memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat yang tentunya juga di kemas dengan bentuk yang kreatif.

Dengan apa yang telah dipelajari dan diterapkan dalam kegiatan kehumasan, akhir dari upaya ini adalah peningkatan citra. Semakin baik humas memberikan pejelasan kepada masyarakat maka semakin meningkat pula keyakinan masyarakat akan instansi tersebut.